PROGRAM PSG (PENDIDIKAN SISTEM GANDA) SMK MUTUHARJO BERSAMA PERUSAHAAN BESAR

0
57

Sukoharjo – Puluhan siswa SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Kompetensi Keahlian Teknik Mesin mengikuti sosialisasi dan wawancara seleksi Program PSG (Pendidikan Sistem Ganda) dari pihak sekolah dengan Perusahaan Mitra PT.Diametral Involute Karawang  Jakarta.

Sosialisasi pihak sekolah dilakukan pada tanggal 2 Mei 2023 yang lalu. Tujuan sosialisasi tersebut memberikan wawasan kepada siswa SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Kompetensi Keahlian Teknik Mesin terkait Program sekolah PSG yang akan dilaksanakan di kelas XII. Antusias siswa untuk mengikuti kegiatan ini sangat tinggi, banyak hal baru yang mereka dapatkan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan pada konsentrasi kompetensi keahlian teknik mesin.

Pelaksanaan Program sekolah PSG (Pendidikan Sistem Ganda) dilakukan dalam rangka sebagai bentuk implementasi pembelajaran yang diperoleh siswa  di sekolah kemudian dikembangkan dan diterapkan di dunia industry.  Salah satu wujud dari hasil sinkronisasi kurikulum yang kemudian akan diterapkan di dunia Industri.

“Harapannya siswa mempunyai pengalaman nyata bekerja di Industri, sedangkan industri mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam belajar.  Sasaran program PSG ini adalah siswa kelas XII dengan harapan siswa ini sudah menguasai kompetensi yang diajarkan saat duduk  dikelas X dan XI.” Ungkap Ahmad Sigit Riswanto, M.Pd (Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Dudi).

Sedangkan untuk seleksi wawancara dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2023 yang lalu. Wawancara tersebut dilakukan oleh pihak PT.Diametral Involute Karawang Jakarta. Tujuan dari seleksi wawancara tersebut untuk mendapatkan kandidat karyawan yang berkompeten di bidangnya (hard skills) dan berkarakter (soft skills).

Keunggulan program PSG ini adalah siswa yang lolos seleksi otomatis menjadi kandidat calon karyawan pada perusahaan tersebut setelah siswa menyelesaikan studinya belajarnya di SMK. Perusahaan diuntungkan karena sudah mengetahui kemampuan dari peserta PSG sehingga tidak perlu mengadakan training lagi. Sekolah juga diuntungkan karena siswanya setelah dinyatakan lulus langsung dapat bekerja di perusahaan tempat PSG sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here