Program magang ke Jepang untuk siswa SMK Muh. 1 Sukoharjo
Program magang ke Jepang untuk siswa SMK Muh. 1 Sukoharjo

Tepatnya hari selasa kemarin tanggal 18 Mei 2021 pukul 19.30 bertempat di Aula SMK Muh 1 Sukoharjo dilakukan upacara pelepasan siswa kelas XII yang mengikuti program magang kerja ke Jepang melalui Yayasan Tjokro Persada Bakti Pertiwi Jakarta. 9 siswa dari berbagai jurusan tersebut dengan didampingi orang tua masing-masing, kemarin malam dilepas oleh Bapak Kepala Sekolah (Drs. Bambang Sahana, M.Pd).

Disampaikan Bapak Kepala Sekolah bahwa Yayasan Tjokro Persada Bakti Pertiwi merupakan bagian dari Perusahaan multinasional Tjokro Group yang salah satu kegiatannya adalah menyiapkan para siswa dan alumni SMK untuk magang kerja di luar negeri khususnya Jepang. 9 siswa yang berangkat sekarang ini merupakan hasil seleksi yang lolos tahap pertama yang nantinya akan dikirim ke Jepang untuk magang karena berikutnya akan ada seleksi lagi selain ke-9 siswa ini untuk kuota tahap kedua.

Namun pada saat ini karena masih pandemi covid-19 dan Jepang belum membuka pintunya untuk  tenaga kerja dari luar negeri, maka untuk sementara 9 siswa ini akan menjalani magang kerja di perusahaan milik Tjokro Group. Selama magang, siswa akan dilatih budaya kerja seperti halnya bekerja di perusahaan Jepang.

Disamping itu siswa juga dibekali dengan bahasa Jepang level N4 agar supaya saatnya nanti berangkat ke Jepang sudah siap semuanya. Walaupun status para siswa ini magang, Alhamdulillah oleh perusahaan Tjokro Group memberikan fasilitas berupa mess, makan 3x, dan fasilitas lainnya termasuk uang saku yang besarnya sesuai UMR.

Maka dari itu sekolah berterimakasih kepada Bapak Rusdiyanto mewakili Yayasan Tjokro Persada Bakti Pertiwi Jakarta yang selama ini telah membantu Sekolah kami dalam rangka ikut mengantarkan siswa-siswi kami yang berminat magang kerja di Jepang. Semoga apa yang sudah diupayakan oleh SMK Muh 1 Sukoharjo dengan Yayasan Tjokro Persada Bakti Pertiwi selalu mendapatkan ridho dari Allah SWT…Aamiin (Humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here