INFO JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo

0
1062

TKJ adalah sebuah singkatan dari Teknik komputer dan jaringan dan merupakan sebuah jurusan yang berada di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Tenik komputer dan jaringan (TKJ) merupakan sebuah ilmu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkait kemampuan algoritma, dan pemograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, dan internet

TKJ juga membutuhkan pemahaman di bidang teknik listrik, dan ilmu komputer sehingga mampu mengembangkan , dan mengintegrasikan perangkat lunak, dan perangkat keras. Jurusan ini termasuk salah satu jurusan yang diminati banyak siswa di Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo, baik laki-laki maupun perempuan.

Apa Saja Yang Di Pelajari Jurusan TKJ?

TKJ (Teknik komputer dan jaringan) tidak akan jauh-jauh dari:

1. Komputer Dan Jaringan Dasar

Komputer dan jaringan dasar dapat di artikan sekumpulan komputer yang bekomunikasi dengan komputer lainya menggukan jaringan secara bersamaan. Tujuan utama Komputer Dan jaringan dasar adalah memungkinkan komunikasi data antar penguna jaringan komputer.

Contoh Macam-Macam Jaringan komputer

  • LAN (Local Area Network)
  • MAN (Metropolitan Area Network)
  • PAN (Personal Area Network)

2. Simulasi Dan Komunikasi Digital

Simulasi Dan Komunikasi Digital merupakan Suatu media pembelajaran yang digunakan untuk melakukan perkembangan dari media cetak dalam bentuk buku, hingga media visual yang ditampilkan melalui sistem jaringan internet yang dapat diakses secara online. Atau contoh mudah nya proses meniru bentuk visual yang dideskripsi dalam model gambar, grafis.

 3. Administrasi Infrastruktur Jaringan

Administrasi Jaringan Komputer adalah sebuah pekerjaan dari para administrator jaringan yang bertugas untuk mengatur sebuah jaringan komputer baik dalam skala kecil maupun skala besar. Tidak hanya itu di Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo juga akan diajarkan konfigurasi jaringan, sebut saja Cisco, Mikrotik, dan jaringan lainya.

Administrasi jaringan dikerjakan oleh seorang administrator, adapun tugas-tugas dari administrator jaringan adalah sebagai berikut:

  • Menginstall dan Mengkonfigurasi Server
  • Menginstall dan Mengkonfigurasi Aplication Software
  • Membuat dan Mengelolah User
  • Back Up dan Restore File
  • Mengkonfigurasi Keamanan Sistem
  • Menggunakan Tool untuk Memonitor Keamanan Jaringan
  • Dan Masih Banyak Lagi

Kesimpulannya TKJ (Teknik Komputer dan jaringan) Tidak hanya belajar komputer saja, Namun juga jaringan tidak hanya itu siswa juga dibekali keahlian troubleshooting untuk menyelesaikan masalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here