Sejarah SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo

0
900

Smk muhammadiyah 1 sukoharjo atau bisa di sebut dengan smk mutuharjo ini berdiri pada tahun 1993, dengan ijin operasional dari dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Jawa Tengah NO. 946/103-1/1993 tanggal 7 November 1993. Sekolah terletak di kawasan tengah kota Sukoharjo yang strategis tepatnya di selatan alun-alun kota Sukoharjo, sehingga mudah dijangkau transpotasi dari segala penjuru. Sebagai bentuk pengakuan pemerintah terhadap kualitas smk mutuharjo maka pada tahun 2007 smk mutuharjo memperoleh SK RSBI dari direktorat PSMK Kemendikbut Jakarta.

Seiring dengan kepercayaan pemerintah dan indikasi animo masyrakat sukoharjo, smk mutuharjo kembali di tunjuk oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing untuk membuka kelas industri Yamaha pada tahun 2010, tepatnya saat acara grand opening kelas Yamaha 26 Juni 2010. Kepercayaan masyarakat tidak lepas dari perjalanan SMK Mutuharjo sebagai sekolah kejuruan swasta terbesar di sukoharjo.

Seluruh civitas akademika selalu berbenah diri dan selalu dituntut untuk berinovasi dan harus menjadi yang terdepan. Dalam menjawab tantangan global, pada tahun 2011 sekolah menjalin kerjasama dengan NIIT India sebuah lembaga IT terbesar di Asia. Dan dibuktikan pada tahun 2012 sekolah membuka program khusus diploma satu yaitu kelas web design (rekayasa perangkat lunak ) dan English ( teknik ototronik ). Selain itu dalam rangka menjawab perkembangan teknologi di perusahaan diera digital/robot sekolah bekerjasama dengan PT Robota Indonesia membuka kelas Robotik.

Seiring meningkatnya meningkatnya pertumbuhan perusahaan di indonesia maka pada tahun 2013 sekolah membuka kelas permesinan, Selain itu dengan masih tingginya angka pengganguran usia produktif di Indonesia, maka sekolah juga akan membuka kelas entrepreneurship. Dengan jumlah siswa kurang lebih 1.600 orang pada tahun ini, sangat berat kalau tidak ada kerjasama yang baik dari seluruh civitas  akademika SMK Mutuharjo dan peran  serta masyarakat Sukoharjo dan sekitarnya, apa lagi tiga tahum kedepan merekan akan menjadi generasi bangsa yang di luluskan sebagai sekolah berorientasi kerja dan entreprenaurship.

Dari program – program khusus dan inovasi sudah di rancang untuk lima tahun kedepan. Program ini berorientasikan pada citra  pendidikan modern yang bercirikan abad -21. Smk mutuharjo akan berupaya menawarkan diri kepada industri dan lembaga sponsor untuk ikut adil untuk mendirikan kelas industri dan beasiswa prestasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here