Sumpah Pemuda diperingati setiap 28 Oktober merupakan proses perjalanan menuju kemerdekaan bangsa Indonesia yang dipelopori pergerakan kebangkitan nasional 1908, lalu terbentuklah pergerakan pemuda 1928 yang menjadi salah satu tonggak sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo melaksanakan upacara peringatan sumpah pemuda ke 94 yang diikuti seluruh siswa kelas XI dengan bertemakan “Bersatu Bangun Bangsa” sebagai bentuk momentum untuk membangun rasa persatuan dan kesatuan dikalangan pemuda.

Kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk membentuk tekad siswa dalam menghargai perjuangan pergerakan pemuda, diharapkan siswa-siswi dapat mengambil momentum ini dengan memberikan partisipasi ke negara dalam bentuk langsung maupun tidak langsung, selain itu sebagai bentuk menumbuhkan sikap disiplin, tanggungjawab dan rasa bela negara di lingkungan sekolah. Siswa juga dapat mengambil momentum ini dengan menerapkan secara perlahan, berawal dari lingkup kelas, sekolah, hingga masyarakat.

Implementasi yang dapat digaungkan selanjutnya adalah rasa cinta bangsa dan tanah air, sumpah pemuda memberikan pengaruh terhadap masyarakat indonesia untuk menjaga rasa nasionalisme sehingga cita-cita bangsa dapat tercapai. Penerapan selanjutnya adalah sikap persatuan dan kesatuan, dengan memaknai keanekaragaman dalam semboyan bangsa yaitu “Bhineka Tunggal Ika”. Fokus utama adalah penerapan secara langsung dengan perwujudan sikap-sikap nasionalisme,  bukan hanya slogan saja.

Diharapakan peringatan sumpah pemuda ini dapat dimaknai sehingga cita-cita “Bersatu Bangun Bangsa” dapat tercapai, tidak hanya dikalangan siswa namun peran dari seluruh warga sekolah sangat  penting untuk mendukung mewujudkan siswa indonesia yang mempunyai jiwa nasonalisme serta persatuan dan kesatuan. Sebagai refleksi untuk mengingat perjuangan pemuda, SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo melaksanakan Upacara dengan Khidmat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here