(Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Partisipasi Aktif Siswa)

LATAR BELAKANG

Berdasarkan hasil rapot mutu tentang 8 SNP menunjukkan bahwa SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo masih memiliki nilai yang masih rendah pada Standar Kompetensi Lulusan khususnya pada kompetensi sikap kedisiplinan. Hal ini ditandai dengan adanya siswa yang masih terlambat masuk sekolah, siswa yang terlambat mengerjakan / mengumpulkan tugas, siswa yang kurang tertib dalam ibadah dan siswa yang tidak memakai seragam sesuai ketentuan sekolah.

Berdasarkan beberapa temuan tersebut, sekolah merasa perlu melibatkan siswa sebagai anggota terbesar dalam sekolah untuk aktif dalam penegakan kedisiplinan. Oleh karena itu, dibentuklah DUTA DISIPLIN SEKOLAH. Program ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dan meningkatkan Student Wellbeing terhadap proses pembelajaran.

TAHAPAN

Adapun tahapan kegiatan dimulai dari persiapan, meliputi sosialisasi program kerja kepada pihak yang terlibat seperti bagian kesiswaan, pembina IPM, BK dan wali kelas. Kegiatan selanjutnya adalah proses pemilihan DUTA DISIPLIN yang merupakan siswa-siswa terpilih berdasarkan rekomendasi instruktur ketarunaan kelas X. Proses pemilihan dilaksanakan secara musyawarah pada tim yang beranggotakan 60 siswa (hasil rekomendasi tim instruktur ketarunaan kelas X), dipimpin oleh siswa senior dan tim kesiswaan. Setelah terpilih 20 siswa, maka dilakukan pembinaan dan pelantikan.

TUGAS

Tugas utama dari DUTA DISIPLIN SEKOLAH yang terpilih ini diantaranya adalah membantu tim tata tertib sekolah, membantu dalam pelayanan tamu sekolah / customer service, menjadi contoh yang baik bagi warga sekolah, memotivasi seluruh siswa untuk bersikap disiplin dan tertib, memotivasi siswa untuk tertib beribadah, memotivasi siswa untuk tertib memakai seragam sesuai ketentuan sekolah.

HARAPAN

Sekolah berharap kegiatan ini bisa membantu menegakkan tata tertib yang sudah ada serta lebih meningkatkan lagi tingkat kedisiplinan sehingga terbentuk sekolah yang nyaman dengan warga sekolah yang saling menjaga kedisiplinan.

Ditulis oleh: Zaenal Arifin (Waka kesiswaan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here