SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo (SMK Mutuharjo) mengadakan tabligh akbar yang diisi oleh Ustadz. Fadlan Garamatan pada hari kamis, 13 Oktober 2022. Beliau adalah tokoh nasional yang memperjuangkan Islam di Indonesia bagian timur (Papua). Ust. Fadlan Garamatan di Papua terkenal dengan sebutan “Ustadz Sabun”, beliau mendapatkan sebutan itu karena banyak mengislamkan kepala suku dan pengikutnya diwilayah pedalaman Papua.

Ulama kelahiran Fakfak, Papua ini berhasil mengurangi kebiasaan negatif yang selama ini beredar di tengah masyarakat, seperti memerangi minuman keras dan obat-obatan terlarang lewat jalur pendidikan. Selain berdakwah, beliau juga pengasuh Pondok Pesantren Al Fatih Kaaffah Nusantara (AKFN) di Bekasi, Jawa Barat.

Tabligh Akbar yang dilaksanakan di Musholla Al Falah SMK Mutuharjo ini diikuti oleh seluruh warga sekolah, terutama untuk siswa-siswi kelas X dan kelas XI. Kegiatan Tabligh Akbar ini berlangsung pukul 08.00-selesai. Peserta sangat antusias, dibuktikan dengan banyak siswa yang berinteraksi pada sesi tanya jawab.

Ust. Fadlan menyampaikan ceramahnya bertemakan “Da’i Nasional Mengislamkan Ribuan Papua”. Setelah ceramah selesai diadakan sesi tanya jawab, banyak siswa yang mengajukan pertanyaan salah satunya “Apa tantangan dalam berdakwah?” beliau bercerita dalam perjuangannya pernah beberapa kali dimasukkan ke dalam penjara hanya karena beliau mengislamkan orang-orang yang ada di Papua dan pernah juga ditombak sebanyak 7 kali hingga di panah sebanyak 11 kali.

Tujuan Tabligh Akbar menurut Ah. Zanin Nu’man M.Pdi, selaku Wakil Kepala Al Islam adalah “Tujuan dari Tabligh Akbar mendatangkan Ust. Fadlan yang telah mengislamkan ribuan orang agar siswa-siswi SMK Mutuharjo dapat termotivasi dan bisa mendakwahkan Islam dilingkungan sekitarnya”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here